Selasa, 09 Agustus 2011

Penyelarasan Warna


Perpaduan warna pada sebuah desain adalah hal yang sangat penting karena desain akan mendapatkan nilai tambah. Sebuah desain akan terlihat lebih bermakna jika diberi warna tertentu. Perpaduan warna pada desain dapat dilakukan secara manual ataupun otomatis. Secara manual dapat dilakukan dengan cara memperkirakan perpaduan warna yang baik untuk sebuah desain. Cara ini memerlukan pengetahuan dan pengalaman yang baik mengenai warna, sehingga perpaduan pada desain serasi dan harmonis. Perpad
uan secara otomatis dilakukan dengan menggunakan semacam software atau lainnya dari komputer.


Untuk latihan perpaduan warna dapat menggunakan ColorJack yang merupakan file flash yang hanya dapat dibuka oleh Mozila Firefox pada komputer. ColorJack dapat digunakan untuk menambah pengalaman dalam perpaduan warna karena flash  ini menyediakan fasilitas untuk memadukan warna secara otomatis. Selain itu, pada ColorJack ini tersedia berbagai macam warna berdasarkan kecerahan dan suhu. Banyak fasilitas perpaduan warna yang dapat dimanfaatkan untuk memadukan warna sesuai dengan formula yang diinginkan misalnya perpaduan netral, analog, komplementer, triadic, tetradic  dan lain-lain. Selain itu, perpaduan warna juga dapat ditentukan sesuai dengan visual, seperti normal, protaopia, protanomaly, dan lain-lain. Pada setiap formula dan visual, masing-masing mempunyai tujuan yang berbeda. Akan tetapi, untuk menambah pengetahuan perpaduan warna cukup pada mode normal saja dan formulanya dapat diganti sesuai dengan keinginan desainer.  Keberadaan ColorJack ini akan membantu dalam perpaduan warna pada desain bordir. Penggunaan secara sering akan meningkatkan pengalaman pengguna untuk memadukan warna-warna, sehingga pada saat selanjutnya diharapkan mendapatkan pengalaman memadukan warna. Gambar ColorJack dapat dilihat pada gambar 3.7 dibawah ini. Selain manfaat tersebut, Color Jack juga dapat dimanfaatkan bagi para pengguna corel draw dan photoshop untuk menyelaraskan dan menyerasikan warna gambar, bisa juga digunakan untuk menyelaraskan warna pada fashion, banyak manfaat yang didapat dari penggunaan Color jack ini. bagi Industri Kecil dan Menengah pun Color Jack sangat dibutuhkan apalagi yang berkenaan dengan tenun dan kerajinan yang berbau warna untuk menambah nilai seni dari produk tersebut.

 Untuk mencoba flash Color Jack ini, langsung saja yu melihat di link berikut dan selamat mencoba...!!! pengguanaannya sangat mudah tinggal klik saja...yu mencoba...!!!!
Sumber : www.Colorjack.com dan berbagai sumber lainnya



2 komentar:

rizal mengatakan...

sip.

CATATAN ARI mengatakan...

okeyy,,,

Posting Komentar