Senin, 27 Februari 2012

SEKILAS TENTANG SUTERA

Industri Sutera Sabilulungan Kab. Tasikmalaya
Kain yang ditenun dibuat dari benang lusi dan benang pakan, terdiri dari berbagai jenis benang lusi dan benang pakan. Benang yang digunakan akan mempengaruhi kenampakan dan karakteristik kain. Sehingga untuk membuat kain sesuai dengan rencana dan tujuan maka harus dipilih benang yang sesuai dengan tujuan yang akan dibuat.
Benang yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan kain akan mempengaruhi kualitas dari kain yang yang akan ditenun. Jika benangnya berkualitas maka harga kainnya pun akan mahal.
Salah satu benang yang digunakan untuk membuat kain yaitu benang sutera. Benang sutera merupakan benang yang terbuat dari serat sutera, yang dihasilkan oleh ulat sutera. Benang ini mempunyai banyak kelebihan sehingga banyak yang senang  dan terpesona oleh kain dengan bahan benang sutera.
Proses pembuatan benang sutera dilakukan dengan mesin yang sederhana karena sifat filament sutera yang kurang kuat mendapatkan tarika dan gesekan. Sehingga prosesnya dilakukan dengan kecepatan mesin yang tidak terlalu kencang.
Kain yang diahsilkan dari benang sutera memiliki sifat glamor adau istimewa, dan sesuai digunakan untuk kaum hawa. Hal ini demikia karena kain sutera siftanya lembut dikulit dan langsai sehingga sesuai dengan watak dan sifat wanita.
Sifat lain yang dimiliki oleh kain sutera adalah dapat menyesuaikan dengan cuaca. Bila keadaan lingkunga terasa panas maka kain sutera akan terasa dinging jika dipakai, dan jika cuaca dingin sutera akan melindungi dari rasa dingin itu. Sehingga banyak orang yang ingin memilik pakaian yang terbuat dari sutera terutama wanita, walaupun harganya relative mahal.
Perkembangan sutera di Indonesis pada saat ini tidak terlalu berkembang, Padahal usaha sutera sangat menjanjikan untuk kemamkmuran. Proses sutera dianggap rumit sehingga banyak yang memproduksi benang sutera dibawah ketentuan.
Kain sutera yang dihasilkan oleh pribumi harganya sangat mahal, sedangkan sutera yang dikeluarkan oleh Cina harganya relative lebih murah. Sehingga kain import dai Cina lebih banyak diburu.


kepompong sutera mulai terbentuk
Pengertian dan Sejarah Sutera
Sutera adalah serat yang diperoleh dari serangga Lepidoptera. Serat sutera berbentuk filament, dihasilkan oleh larva ulat sutera pada saat membentuk kepompong. Spesies utama ulat sutera yang dipelihara untuk menghasilkan sutera adalah Bombyxmori.
Pemeliharaan ulat sutera dimulai di negeri Cina, kemudian menyebar ke Jepang, Asia Tengah, Asia Timur dan Eropa. Pada saat ini Negara utama penghasil sutera adalah Jepang, Cina, Itali dan Prancis.
Sutera ditemukan pada 2640 B.C (sebelum tahun masehi) di China. Bahan dasarnya adalah kepompong. Secara lengkap, asal usul dan proses pemeliharaan dan pembuatan sutera adalah sebagai berikut :
            Satu sore Permaisuri His Ling Shih dari kerajaan China asik menikmati secangkir the panas dibawah keteduhan pohon mulberry. Putri yang hidup 2640 sebelum masehi ini dikejutkan dengan jatuhnya kepompong ulat sutera ke dalam cangkir teh.
Beberapa detik kemudian kekagetannya berubah menjadi kekaguman melihat kehalusan serat yang terurai dari kepompong tersebut. Permaisuripun meminta para dayang mengumpulkan lebih banyak kepompong yang kemudian diternakkan dan ditenun secara rahasia di balik tembok istana hingga 3000 tahun berikutnya.
            Walaupun hukuman mati dikenakan pada mereka yang membawa telur ulat sutera keluar China, pada abad enam Masehi dua orang biksu berhasil menyelundupkan bibit pohon mulberry beserta telur ulat sutera. Tak pelak beberapa negara lain mulai memproduksi dan memperjualbelikan kain sutera. Antara lain India, Jepang dan Perancis.
            Mengingat sejarahnya, setiap kali bicara soal sutera kita pasti teringat pada negeri China. Tak heran jika dikalangan komunitas mode Paris, bahkan dunia, sutera dikenal dengan sebutan Crepe de Chine, Crepe dari Cina. Kini sutera dapat diproduksi di seluruh dunia. Hanya saja kualitas suteranya berbeda-beda tergantung jenis ulat yang memproduksi kepompong.

2 komentar:

Pesona Senyum mengatakan...

inspiratifff,

KartaCraft mengatakan...

Wah baru tahu di daerah sendiri ada sentra pengembangan sutra, kalau boleh tahu tepatnya di daerah mana ya,

Posting Komentar