Sabtu, 23 Februari 2013

Pengalaman Pertama Mencari Kerja

Bismillah.,., Rie mau sharing nie,, mengenai pengalaman melamar dan mengikuti testing di Perusahaan Tekstil yang katanya menjadi idaman bagi sarjana or ahlimadya Tekstil. Semoga saja ini menjadi motivasi bagi pembaca dan juga pengetahuan bagi pelamar yang sangat "blank" sekali tentang lamar-melamar.

So,, yu cusss!!! ah mulai,.,

Lamar-melamar kerja bukanlah hal yang asing kita dengar, namun ketika kita belum pernah nyoba melakukannya maka akan terasa kaku untuk memulainya. Timbul banyak pertanyaan, bagaimana sie persiapannya? berkas apa yang harus disiapkan?? ke perusahaan mana ya yang bagus?? berapa ya penwaran gaji yang diajukan?? kesemuanya itu bikin mumet lho.,.!! vi dibuat enjoy aja!! toh yang sekarang kerja juga pasti mengalamin masa kaya gitu,,asal kita sungguh2 dan serius untuk mendapatkannya.

 

Nah sobat,,dua bulan sebelum keluarnya tulisan ini Rie telah menyelesaikan kontrak kerja dari Kementerian Perindustrian RI selama 2 tahun pas banget, kerja dibawah kementerian menjadi seorang TPL jujur bagi Rie banyak sekali ilmu yang didapat kewirausahaannya, teknik berkomunikasi dengan bos2 industri, pemasaran, banyak deh ilmu yang didapat sob. Namun Rie juga jadi merasa keenakan, sampai ga sadar Rie ni cuma pegawai kontrak dan kontrak pasti selesai dan tidak akan diperpanjang. Sangat terasa sekali berat, galau, dan tidak tentu arah ketika kontrak kerja hampir habis,, wah banyak beban fikiran yang dirasakan,, bagaimana nanti saya setelah ini?? kerja dimana Saya setelah ini?? apakah saya harus membangun usaha kah?? wah semua fikirian itu kayanya muter maen2 diotak hehe.,.

Dan akhir Desember pun tiba,, wah Rie tambah galau nie,, gimana kedepannya?? bener2 dah galau,, dikantor pun hanya duduk2 dan mengobrol saja dengan rekan kerja yang sama seprofesi,,

Singkat cerita ni ya,, akhirnya ri selesai kerja disana,, kantor ri pindah menjadi konter dirumah,,hehe(jualan pulsa, cetak foto, jual asesori, dan produk kreatif lainnya) yaa itung2 nyari pemasukan buat jajan Rie,, supaya ga negbebanin ortu sob,, malu donk pemuda masih aja ngerengek ma ortu,, Selain dari itu Rie juga berjualan online Garskin hape sob,, nie sekalian promosi juga ni sob fb nya,, sapa tau minat hehe.,. WarungSkin,, dari sini ri mendapatkan penghasilan lumayan bisa lebih dari gaji TPL dan kadang dibawahnya..

Sudah hampir sebulan lebih Rie menggeluti usaha kecil2an ini,, serasa jenuh juga,, pengen nyoba hal baru,, pengen nyoba nyari kerja lamar sana lamar sini kayanya seru,, dan juga Rie pengen punya penghasilan tetap juga,, ya online garskin tetap jalan donk,,

Nah sob ketika Rie lagi gencar-gencarnya nyari info tentang loker,, eh hamdulillah emang Allah Maha Baik banget sob,, Rie dipertemukan dengan customer skin yang kebetulan teman waktu di SMA dlu,, Awalnya kita ngobrol2 ringan biasa saja mengenai Skin, akhirnya Rie tanya ke dia, mengenai pekerjaan,, wah ternyata dia dah kerja di perusahaan tekstil, namun g beberapa lama keluar cs da masalah yang bikin g betah.,. Rie tanya ke dia mengenai lowongan kerja di tekstil,, alangkah senengnya nie ternyata ada loker di salah satu perusahaan yang cukub besar daerah CImahi.

Nah g lama dari pertemuan itu ri melakukan beberapa persiapan wat ngelamar kerja,, wuih bener2 lagi persiapan aja kerasa banget udah mulai dug deg,, kembali nie otak berisi kalimat diterima g y?? ntar lo masuk bisa g y beradaptasi?? nah lo lum masuk aja dah banyak hantu kalimat yang terus ada entah ni karena pengalaman pertama Rie melamar kerja sob. Lamaran n CV pun dikrim ke perusahan tersebut.

Hari demi hari,, tlah terlwati (wuihh kaya lagu aja ye hehe),,  dan ketika Rie serius lagi ngedesain Skin,, eh hpe Rie nyanyi n geter2,,(fikir Rie y sms biasa) Rie g buka langsung tuh sms. Dah slese ngedesainnya,, ri buka tuh sms,,, wuihh!! ternyata undangan buat mengikuti seleksi tahap 1, wah senengnya sob!!! (padahal baru undangan saja belum tentu keterima pa gak, hehe...ah fikiri Rie yang penting dikasih kesempatan wat iktu tes dah seneng nyari pangalamannya). Vi pas diliat2 tuh sms jadwal tes nya hari esok, jam 08.00 lagi,, haduh masalah nie!!! padahal Rie baca sms itu jam 14.30 tepat bagt sehari seblum tes n lokasi ri lumayan jauh di Tasikmalaya,, dan juga ditasik gy hujan gede banget. Bingung ni jadinya sob,, antara nembus hujan or g ikut seleksi itu.. Wah udah ada panggilan, ada saja halangannya,,hmh,,

Selepas Shalat Ashar, Rie niat nembus aja hujan gede itu cs mau pake motor si Black Wolve, mudah2an cuma ditasik saja hujannya,, ri siap2 tas, berkas2, dll. Setlah itu siap berangkat Ibu tanya :
Ibu : Mau kemana Rie?? Hujan gede gini gda waktu lain gt wat keluar??
Me : Mau ke Cimahi mah (panggilan Rie ke Ibu)
Ibu : Mau ngapain kesana?? besok aja lagi skrang ujan gede banget mana angin juga lagi.
Me : (hadeuh bener juga ni si mamah, tekadku smpet turun lagi sempet nyimpen tas lagi duduk sebentar) Ada perlu (mah dengan nada lemes)
Rie g ngasih kabar mengenai keikiutsertaan tes ini,  fikir Rie ntar aja lo masuk dijadiin surprise!! (padahal belum tentu keterima apa kagak hehe.,.)

G beberapa lama ane berbincang ma ibu, n akhirnya ane dapat izin juga,, langsung deh pake jas n g fikir apa2 lagi yang penting sampe dicimahi.

Ouh ternyata nie hujan lebat terus2 menerus sampe Garut, lanjut Rancaekek, eh sampe cileunyi masih juga,, n akhirnya sampe Cimahi tuh hujan terus menerus. Diawal aja sudah ada halangan,, palagi ntar,,vi hamdulillah halangan pertama bisa dilalui. n tiba disana mandi makan shlat istirahat.

Keesokannya ane bingung sob,, dimana si perusahaan ini,, ko ane liat di google map jauh amat ya??
wah wah,, masalah baru muncul, ah Rie berangkat lebih pagi aja jam 06.00 biar ada waktu kalo emang susah nyari alamat itu. Hamdulilah ternyata tempatnya g terlalu jauh dari gambaran google maps,,
Tiba disana disepanjang jalan depan Rie liat kanan-kiri jalan,,, wuih ni Pabrik gede bgt y,, kirain y pabrik2 kecil gt, Rie ampe minder mau kerja disini baru ngeliat secara fisiknya saja sob.

Tiba di gerbang,, wuih mantep gerbangnya pake yang otomatis ngebuka sendiri sob (maklum katro hehe).. Masuklah ane ke situ sob, hadeuh ni kaki tambah gemeteran liat dalemnya,, ko gede banget gt y., Ane tanya aja ke pak satpam dmna2nya ruangan buat tes tahap 1,, n Rie disuruh tunggu g jauh di dkat pos satpam. Ternyata disana udah kmyan banyak yang mau ngikutin sleksi tahap 1, pakainnya rapi yang cewe pake blezer, yang cowok kaya eksekitf  muda, mantep pokoknya sob penampilan mereka. Lah Rie cuma pake celana kain n keatas pake batik (hadeuh kaya yang mau keondangan nikahan aja y sob).

G berapa lama kita dipersilahkan masuk, dan mulai tes tahap awal psikotes,,, ah soalnya biasa saja sob,, cuma 4 pilhan A,B,C dan D tapi jawabnya yang bingung, gambar2nya aneh2 kaya donat, pisang, kue tar (fikiranku malah kemakanan terus sob, mungkin belum makan kali y dr kontrakan Bapak ehehe). psikotes awal berjalan kurang lebih satu setengah jam. Rie kira dah slse cuma gt doank, eh eh ternyata masih ada sob tes gambar dr guratan aneh,, wah wah fikirku nantang nie soal okey gambar lah sesuai imajinasi Rie, bagus2 lah gambarnya kalo dijual laku tinggi tuh kayanya hehe.,
Seslsai itu ternyata ada lagi tes menggambar dari instruksi,, hadeuh gambar lagi-gambar lagi,,, okey dah lanjut gambar!!! hmdulillah selse juga 3 tahap itu,, pusing rasanya kepala nie. Eh ko pihak HRD datang bawa lembaran2 soal lagi,,, hadeuh mau ngapain sie ini fikir Rie banyak2 amat tesnya... pas diliat wah wah ada angka2-angkanya tuh matematik kayanya nie, dan benar soal penjumlahan matematik sob,, gamapang sie cuma penjumlahannya,, vi kuantitasnya sob,, gile lebih dari 500 angka kayanya. Otak muter lagi... sempet ketika ngerjain soal penjumlahan itu yang datang malah kaya mie plus ayam berderet di lembaran Rie hehe (lebay mode on),, gara2 laper kayanya heu.,hmdulillah slse juga, kepala mulai nyut2an sob,, n kita dipersilahkan istirahat sob n makan siang lumayan gratis.

Selepas istirahat Rie fikiri udah gak ada test lagi langsung saja pengarahan n cuss pulang, dan ternyata masih ada sob,, test kemampuan bahasa inggris. Wow kemampuan bahasa inggris Rie terbilang jelek sob eh ni malah ada test seperti itu mana reading, listening, grammar lagi,, okey pertama test listening, g banyak sob cuma 45 soal kalo g salah, ane bener2 kagak ngarti apa yg dibilang di listening haha,, ane itung kancing tuh di tahap itu,, y walaupun itu g smuanya hitung kancing ada sebagian juga yang ane fhami,, lanjut ke reading sob,, disini ane udah mulai ngantuk nie,, ampe rada ketidur2an dkit,, vi terus semangat sob!!! biar lolos fikirq,, lanjut grammar, n selse dah tuh tes kemampuan bahasa inggris,

Sebelum kita pulang ni sob kita disuguhi tes akhir,, yaitu tes buta warna,, okeylah gampang fikirQ yang kaya gt,, cs di kampusq juga sering kaya gt hehe,,

Selese juga tes tahap pertama,, n dari pihak HRD bilang nanti ada sms undangan untuk interview kalo kalian lolos tahap pertama ini n jika lebih dari dua minggu gada panggilan berarti g lolos. okey ane pulang lagi ke tasik sob wat lanjutin usaha sampingan kecil2an ane,,

Kurang lebih 3 hari berselang dari tes tahap pertama,, ada sms lagi dari perusahaan untuk undangan mengikuti interview tahap awal (lah ko Rie bingung, kmren tes tahap pertama, ini sekarang tes interview tahap awal lagi berarti masih panjang nie perjalanan testnya). Okey Rie menghadirinya sob,,eh ternayta disana ketemu temen2 alumni tekstil ST3 Bandung sob,, seneng banget nie,, test interview tahap awal ini biasa2 aja sob pertenyaan mengenai CV kita, motivasi mengapa kita memilih perusahaan ini, curhat2 mengenai keluarga,, enak juga y curhat ke HRD kayanya dia ngerti banget gt keadaan kita ane ampe lama cerita tentang keluraga hehe,, curhat banget kayanya nie sesi. Lalu RIe dipersilahkan untuk langsung saja test interview tahap 2 (wah-wah berarti Rie lolos tahap ini asyik dah), langsung saja Rie g buang2 waktu wat ketemu User interview tahap 2, masalah baru timbul sob,, bentrok antara prinsip dan keinginan. Ketika itu jadwal interview bentrok sob dengan jadwal Shalat jum'at. Ya Allah ko jadinya seperti ini (curhatanku),, Rie nyoba ngelobi2 kebagian HRD buat atur ulang jadwal y minimal setelah jumatan saja.pihak HRD bilang Saya lobi langsung saja kebagian sana, masalahnya jadwal sudah diatur sedemikian rupa. Ydah Rie ambil pilihan sendiri cs hasil lobi nihil, Rie ambil pilhan n niat Shalat jumat saja dulu,, kalo emang dah rezeki pasti gakan kamana n lo perusahaan ngebutuhin pasti juga ngasih hal yang baik buat RIe. 

Hamdulillah sob,, ada ibu2 tua bepenampilan rapi menhampiri Ri,,
Ibu tua : Ari!!! siapa yang namanya Ari!!

Me      : Saya bu!!

Ibu tua : Ri jadwal interview kamu diundur jadi minggu depan, soalnya waktu untuk interview dari User udah abis so minggu depan saja ya,, nanti kami telpon mengenai jam berapa2nya..

Me      : Okey siap bu (fikirQ, hmdulillah memang Allah itu Maha Bijaksana sob,, mengatur semua itu dengan begitu indahnya)

Akhirnya Ri bisa melaksanakan Shalat Jumat dengan tenang sob,,bersama rekan2 alumni tekstil lainnya. N Rie pun pulang ke Tasik melanjutkan aktivitas seperti biasanya.

Selang 4 hari,, Rie dapet telpon dari perusahaan tersbut sob,, untuk undangan interview tahap 2 dengan User, besok pukul 10.00 pas,, katanya, okey ane pun menyanggupinya padahal ketika nelpon itu ane lagi di Tasik sob,, masih ada kerjaan kirim2 skin pesanan,, hadeuh ni ko ribet amat fikiri Rie,, ko jadi bntrok gini,, berangkat sore, pesanan g terkirim n konsumen pasti kecewa. Ok kemudian rie ambil pilihan tuk berangkat besok saja nyubuh, hari itu Rie sesleikan dlu semua kerjaan di Tasik.

Tepat pukul 05.30,, ane dah siap berangkat,, dan cuss berangkat bersama si black wolve yang setia menemani ane disetiap perjalanan ane.,.beuh dijalan pake macet segala,, waktu tiba ke kontrakan Bapak ane jadi delay sob,, jadi jam 09.00 pas banget,, okey ane langsung ganti custom (niat mau mandi g jadi sob karena kepept waktu hehe). cuss Rie langsung berangkat ke cabang dri perusahaan itu cs user ada disana.
Tiba disana kurang lebih setengah jam sebelum dimulai,,
Okey Ri nunggu sambil nenangin ni jantung sob.,., ko perasaan detaknya tambah kenceng aja nie g kaya biasanya,, huft!!

Kemudian satpam manggil Rie wat masuk di ruangan rapat 1,, okey ane masuk ke sana n nunggu disana kurang lebih 3 menit. Pas banget y waktu janjinya jam 10.00 pas tuh pas banget user datang. Rie kira mau sendiri yang interviewnya eh ternyata ada dua orang sob. Haduh okey berani keroyokan ma yang muda fikir Rie hehe.,. dua orang itu satu perawakan agak tua tinggi gede sob (Pak H**),, yang satunya lagi kayanya orang Cina apa Jepang (Mr. X),, sipit dah pokoknya n putih,, mulai sob suasana yang tadinya adem ma AC, kayanya fungsi tuh AC berubah jadi penghangat sob,,haha,, badan ane mulai gemeter n rada berkeringat sob.

Pak H** : Selamat datang!! di perusahaan kami,, silakan anda perkenalkan diri anda lebih mendetail terlebih dahulu biar Saya n Mr. X bisa lebih kenal dengan anda.

Me         : Iya siap pak,, Saya Ari...Bla,,bla,,bla,,*&%^%#%@^@^%@&^*^%@#@ (panjang deh ane nyeritain diri ane,, sob.,

Pak H**  : Okey saya jadi bisa labih kenal dg Anda,, okey sekarang coba anda jelaskan mengenai pekerjaan anda sebagai TPL,, yang kaya gimana sie TPL tuh?
Me          : (Haduh TPL masih saja dibawa2) okey ane cerita panjang lebar dah mengenai TPL,, ditengah2 ketika ane memaparkan apa itu TPL Pak H** menyela pemaparan Rie

Pak H**   : Maaf Rie sebentar,, tadi kata Anda TPL rus bisa menganalis permasalahan di IKM ya.,., nah ide apa saja yang Anda gagas untuk kemudian di tawarkan ke pihak IKM??
Me          : (Wawawa.,., ane malah mancing Pak H** wat nanya itu lagi,,) ydah ane jawab deh tuh apa adanaya yang ane lagkuin di lapangan,, dimulai dari modifikasi Alat Tenun Mesin, membuat formula di excel, dll,,

Pak H***   : (Kayanya lum puas ni si Bapak nanya tentang TPL),, wah enak banget ya jadi TPL itu kerjanya diluar free banget y Ri,, Anda g bisa gt kalo di sini.. coba kasih tanggapan mengenai hal itu??
Me            : (Ane jawab dg pedenya heu) y pak bukan free sie pak menurut saya,, namun kerjanya diluar jadi seperti free,, padahal memang itu pekerjaan saya,, kalo misalkan Bapak mengansumsikan free itu dalam waktu kerja,, memang pak Saya free banget pak,, bahkan diluar jam kerja pun Saya kadang masih berada di IKM untuk sekedar share n penyelesaian masalah,, mungkin hanya ngobrol2 biasa bahkan diluar jalur pekerjaan Saya, namun dari situ saya bisa dekat dengan para pemilik IKM,, dan Saya pun bisa lebih mudah untuk menyampaikan ide2 Saya ke mereka karena memang itu pekerjaan Saya (ane menekankan)

Pak H**    : Ouh gt ya?? Asyik donk y Rie.. dapet donk calon dari sana (sambil ketawa kecil si Bapaknya)
Me           :  Calon apa pak?? (ane pura2 g ngerti)
Pak H**   : Y calon pendamping lah pura2 nie anak muda ini.,.

Me           : Wah pak ada sie bberapa penawaran hehe (mani pede nya!!!)
Pak H**  : Okey Saya lanjutkan lagi, Kenapa Anda tidak dilanjutkan disana kerjanya?? apa kinerja anda jelek?? atau gimana?
Me        : Ouh kalo itu saya rasa pekrjaan saya tidak ada masalah pak,, walaupun tidak ada yang berkata secara langsung dari atasan saya bahwa kerjaan saya baik, namun saya melihat dari hampir semua IKM yang saya bina ketika saya membina dan ketika saya pamitan mereka banyak yang manyampaikan terima kasih secara ucapan dan ada juga yang memberi kenang2an berupa barang dan oleh2 makanan,, mungkin dari itu Saya rasa bapak juga bisa memahami bagaimana kinerja saya selama jadi TPL (PD amat y Rie sob haha.,. yang penting bener apa adanya sob), tidak dilanjutkan karena memang kontrak kerja saya hanya dua tahun,, dan goal setting dari kementrian "mencetak" Saya untuk jadi wirausaha, jadi kalo kementerian memperpanjang or mangangkat Saya jadi PNS, sama saja dg bunuh diri pak,, mereka melanggar aturan mereka sendiri.
Pak H**   : emh,,, gt y,, syang banget y udah dipilih2 n disekolahin malah g dimanfaatkan,, y minimal buat daerahnya.,., okey lo gt silakan Mr. X giliran anda,,

Mr X         : Ok thank U, Mr, H,, okey Arie.,. qm tau g produk yang dihasilkan perusahaan ini apa??
Me            : Tau pak,, kain interior.,.
Mr. X        :  Apa tuh kain interior itu,, sperti apa sie?? n coba sebutkan contohnya?

Dug deg.,., wah ni si Mr. X udah mulai tanya2 teknis nie okey saya layanin deh sampe manapun juga hehe
Me            : ane jawab singkat pertanyaan itu n menyebutkan beberapa contoh kain interior itu sob
Mr. X        : Okey Good,, nah kan qm dlu sekolah ditekstil y ni,, n dah lama g bergelut dengan tekstil tuh y.,. qm tau g kira2 menurut penerawangan kamu bagaimana sie proses kerja di perusahaan ini??
Me            : (Gile aja ane disuruh nerawang sob,, dia kira ane Anaknya Ki Joko Bodo x y hehe),,, ane deskripsiin tuh sepengetahuan ane mengenai proses kerja disana secara prinsip dasar persiapan pertenunan n pertenuna pake mesin jacquard,,(ketika ane hampir selse mendeskripsikan itu mr. x memotong pembicaraan ane)
Mr. X      : Ok stop,, stop i feel enough.,.nah ni sekarang analisa masalah y ri,, kemudian dia memaparkan analisa masalah, intinya mengenai order yang masuk, n ketika mulai proses produksi ada beberapa mesin yang rusak, xmat terakhir yang terdengar " nah ri gimana tuh solusinya?"
Me            : (Terdiam sejenak, ane g bisa membuka perkataan rus dimulai dari mana sob,, ini pertaruhan ane salah ngasih paparan ane pasti g lolos,, lagi muter2nya otak,, eh ane malah inget ma makanan, kupat tahu lagi sob beuh enak kayanya hehe.,. dri situ ane terinspirasi ketika bpk ane jualan n bpk ane lupa (mklum dah agak tua) ada pesanan kupat lontong gulungan n ketika itu juga bpk ane rus jualan,, vi selain itu juga pesanan harus terpenuhi sob,, nah ketika itu bpk ane merelakan untuk tidak berjualan asal pesanan terpenuhi akibat dri kesalahan sendiri, ane inget banget kata bpk waktu itu, "gpp rie g jualan sekarang yang penting pelanggan yang telah memesan sebelumnya puas" masalah kenyang hanya pada waktu itu masalah puas bisa jadi pelanggan n terus menerus" wuih mantep)) ane terdiam kurang lbih 1,5 - 2 menit,, sobb
Mr. X       : So,, gmna rie?
Me           : (Ane g langsung jawab ke intinya sob,.,., muter2 dulu hehe x ja Mr. X itu bosan gkan ngulang pertanyaan itu) Kalo menurut Saya Pak g mungkin perusahaan sebesar ini mengalami kerusakan mesin sampe segitu banyaknya,, cs ada bagian maintanance mesin, n teknisi mesin yang slalu mengurus tuh mesin pak.,.(alibi padahal gmau jawab yang tadi hehe)
Mr. X      : Memang seperti itu ri
Me          : (hmdulillah analisa kasus selsai, rada senyum kecil)
Mr. X      : Tapi ini jikalau itu terjadi Rie,, karena ada faktor X tuh (nah dari sini sob q namain bapak ini Mr. X,, hehe cs ane kaya tertekan pas dia bilang ada fator X itu,, y udah ane namain aja Mr. X hehe) nah gmn solusinya??
Me          : (ydah ane jawab kesana kemari dulu sob n xmat terakhir yang ane sampein inget kata bpk ane tadi) "solusi terakhir ketika dialog or nego dengan cutomer g bisa y lembur karyawan pak karena kepuasan pelanggan or customer adalah salah satu tujuan usaha?" (kaya yang bener aja y ane bilang hehe.,. yg penting PD lah..)
Mr X      : Okey sipp.,., ouh y ri qm dah g bergelut dg tekstil selama dua tahun nie y?? masih inget g jenis benang tuh apa aja??
Me          : (Hadeuh ane bingung nie, ngedadak blank nie otak,, cepet2 deh ane nyari jawaban itu ntah disimpen dimemori sebelah mana n akhirnya ane dapet jawaban ntuh) stapel n filamen pak.,.
Mr X       : Ouh iya itu juga bisa,, bisa yng secara umumnya???
Me          : (Waduh apaan y?? beneran ane ngeblank banget ane lirik kiri n kanan,, wah ternyata g sia2 sob ane lirik kri n kana ada gambar domba hehe ane langsung nemuin tuh jawabannya) benang alam n benang buatan pak,,

Mr X      : Contohnya?
Me         : (Ane sbutin dah tuh contoh2nya walopun g bnyak yang penting ada deh )
Mr X      : OKey..,, nah tadi pas diawal kan kata anda ada benang stapel n filamen,, nah benang filamen itu biasanye menggunakan nomor benang apa?
Me         : Denir pak.,.
Mr. X     : 1 denir itu apa artinya?
Me         : Jika ada benang dengan berat 1 gram berarti panjangnya 9000 m pak.,.
Mr. X     : Ouh y.,., y.,. Pak H** silakan

lanjutlah interview ane dr Pak H** pindah ke Mr X dan terus begitu pindah2 fokus ane.,.,
kurang lebih 1-1,5 jam ane diinterview,, akhirnya selse,., hmdulillah semuanya bisa ane jawab walaupun ane gatau sempurna apa gak.,. yang penting ane yakin apa yang ane smpaikan sepengetahuan ane,, n itu ane yakinin bener,, jangan takut digertak ma pewawancara,, jangan takut dipress.,. tetap tenang n be calm we pokoknya sob,.,
selesai itu.,., ane pulang sob.,., dengan perasaan puas.,.,walaupun masih ada keraguan keterima apa kagak.,.

Beberapa hari dari itu Rie lagi maen ni di daerah sekitaran HZ Tasikmalaya,, eh hape bunyi.,., duh tanggung fikir ane g diangkat tuh hape.,., vi nelpon2 terus ydah ane kepinggirin tuh si black wolve n ane liat hp.,. ada yang nelpon pake num rumah +6222****,, wah fikir ane siapa nie?? mungkin pelanggan skin yang mau menanyakan no resinya. Ane angkat tuh telpon,, eh ternyata itu dari perusahaan sob buat interview tahap 3,
Me : Asslamualaikum,, 
Cwe : wlkumslam,, ini dg Bapak Ari??
Me : (sialan ni cewe manggil bapak,, emang udah bapak2 apa) iya sya dg ari, ada apa y mba??
Cwe : Bapak diundang untuk interview bsok pukul 09.00,, di kantor utama perusahaan,.
Me  : (Hamdulillah berarti kmren ane lolos, vi ko bnyak banget y tahapan interviewnya??),, wah jam 09.00 mba?? g bisa diundur mba saya skrng masih ditasik (ketika itu jam 15.00 dia nelpon) n g mungkin besok lngsung dr tasik.,.
Cwe : Ouh y kalo gt jadi jam 13.30 y mas.,.bisa?
Me  : (Nah gt dnk minimal panggilannya mas hehe) ouh iya itu bisa mba.,. emang interview dg siapa lagi mba?? ko bnyak y interviewnya??
Cwe : Ini tahap akhir mas.,., ini bagian nego gaji.,., Selamat mas diterima untuk bergabung di perusahaan kami,, Kami tunggu besok kedatangannya.,.
Me   : (Lemes, seneng, bahagia,.,.,) wah yang bener mba?? okey makasih infonya mba saya pasti datang mba.,., salamualaikum.,.

Ane lanjut perjlanan dg kondisi senyum-senyum sendiri.,., seneng.,., cs itu perusahaan katanya banyak yang pengen masuk disana vi g lolos, ane bersyukur banget.,. n ane g perlu kirim lamaran kesana kesini,, lamran pertama ane langsung tembus,, hamdulillah terima kasih kepada orang tua yang selalu mendukung,, n rasa syukur ane kepada Allah yang mmeberikan jalan terbaik buat ane.,.,

Hamdulillah ane diterima disana dan ane gatau pakerjaannya kaya gimana,, n hmdulillah juga gajinya g terlalu kecil2 amat,, ane dapet tugas menjadi staf PPIC yang katanya harus hard worker, n tempatnya dimarah2in.,. okey ane coba,, dan mudah2n karir ane bisa terus lebih baik dari hari ini.., amiin.,. mudah2an juga ane bisa nabung buat buka usaha,, amiin.,

buat sobat-sobat semuanya.,., berusaha semampu kita jangan jadiin hambatan sebagai alsan,, vi terus kejar n yakin insya allah kita pasti mendpatkannya.,.,

4 komentar:

Unknown mengatakan...

selamat pagi ari. kami dari penta consultamt membutuhkan tenaga ahli dibidang tekstil. jika berminat, bisa saya minta kontact yang bisa dihubungi? terimakasih ari

Unknown mengatakan...

atau bisa sms dulu ke nomor 085782717300.

CATATAN ARI mengatakan...

Ni no saya 08996876111

yaya mengatakan...

Kak, dulu lulusan ak-tekstil solo?

Posting Komentar